TeknikManajemenPengembangan Media Cetak
Online
Berangkatdaripemahamantentangprinsipdasardarimanajemenyaitu;
perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, danpengawasan. Kami
mencobauntukmengetahuibagaimanacara yang ditempuholeh media GARIS KOTAuntukmengembangkanapa yang
sudahdimilikinya, melaluiwawancara kami dengan bang Hendraselakupimpinanredaksi
(pimred).
Secarakeorganisasian media inidengan PT
yang melahirkannyamemilikigariskoordinasiantarapimred (media) dengankomisaris
(PT), kemudian yang kami pahamidari 4
prinsipdasarmanajemenhanyapadapelaksanaanlah yang dilakukanoleh media
inisecaramandirisementara 3 prinsiplainnyamasihdilakukanbersama-samadengan PT.
Gariskotasaatinisedangmenjalanitahunkeduanya,
Koran initiap kali terbitaakanmencetaksebanyak 2500 eks per minggu.Padaawalnyaperusahaanakanmemberikansubsididanakepada media
untukmenjalankansegalaaktifitasnya, kemudiandalamjangkawaktutertentu media
sudahharusbisamandiridalamhalpendanaandanbisamendapatkankeuntungan,
sepertiitulahsalahsatucontohpengembangan yang adadalam media.
Tentu,
masihadalagibentukataucontohpengembangandalam media
sepertibagaimanamengambangkansupaya layout menjadilebihmenarikdaninovatif,dansebagainya.Padasaatinimedia
on-line banyak yang menggunakanmulaidarianakkecilhingga orang dewasa,
melihatkenyataanitumaka kami jugamengambilposisidenganmengeluarkankoran kami
dalambentuk online, agar dapatdiketahuidankenalmasyarakatlebihluas kami
memanfaatkan media sosialuntukajangpromosi, beberapapostingan kami coba share
di media sosialsepertifacebook, twitter, dll.
Kami temukanduahal yang sangat di
perhatikandalamkaitanpengembangan media.
1.
Pasar,
inimenjadihal yang sangatdiperhatikanuntukpengembangan, pertamabidanglitbang
yang adadalamstrukturkeorganisasianredaksiGariskotamelakukansurveidan/ataupenelitianuntukmengetahuiapadanbagaimanapasar
yang akan di jadikan target sebagaipembaca.
a.
Bagaimanacara
media iniuntukmengembangkanlingkuppasarnya..?
b.
Pertama,
darihasiltemuanbidanglitbangkitapahamiduluapa yang
menjadiketertarikanpembacapadasaatitu, makamateri yang kitasampaikanpunakanmenyesuaikandengandemainpembaca,
agar pembacaakanselalumembaca media kita. Kedua, kitalakukanpendekatan yang
komprehensifdengankomunitas-komunitastertentu agar
tejadinyakesepahamanantarakeduapihak, sehinggadengancaraini media
kitaakanbanyakmemilikicalonpembaca yang potensial.
Secaraotomatismeningkatlahpembaca media kita.
a.
Bagaimanancara
media inimenjagaeksistensinyadipasar..?
b.
Yang
haruskitaperhatikanuntkhaltersebut, kitaharusmenjagamateri yang kitasajikan,
berita yang tulisitutidakmengganggu orang per orang maupunkelompok, sehingga
media kitatidakberpotensiuntuk di bredel.
a.
Apaadarencanauntukmenambahjumlahhalamankoranini..?
b.
Tentuada,
namunitutergantungkeadaanpembaca (pasar)
apakahmerekasudahmenginginkanpenambahanterbutataubelum.
KESIMPULAN
Dari
wawancara kami kamitemukanbahwasegalarencanadanaktifitas media
initergantungdengankeadaanpasarnya, mulaidariisi (meateri) apa yang
menjadiketertarikanpasarbahkan layout koran, sepertijumlah halamanjugatergantungpasar. Kemudiandarisistemmanajemennyajugabelummandirisebabmasihadacampurtanganperusahaan
(PT) yang di pimpinolehkomisaris, kemudiandalamhalpendanaan media inijugamasih
di subsidiolehperusahaanwalaupunsudahdapatmemberikankeunutngandalamjumlahkecil,
namunbelum bias untukmembiayaidirinyasendiridansegalaaktifitasnya.

Komentar
Posting Komentar